Rabu, 25 November 2009

PRODUK

Definisi Tentang Produk.
Dalam bisnis, produk adalah barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan. Dalam marketing, produk adalah apapun yang bisa ditawarkan ke sebuah pasar dan bisa memuaskan sebuah keinginan atau kebutuhan. Dalam tingkat pengecer, produk sering disebut sebagai merchandise. Dalam manufaktur, produk dibeli dalam bentuk barang mentah dan dijual sebagai barang jadi. Produk yang berupa barang mentah seperti metal atau hasil pertanian sering pula disebut sebagai komoditas.
Kata produk berasal dari bahasa Inggris product yang berarti "sesuatu yang diproduksi oleh tenaga kerja atau sejenisnya". Bentuk kerja dari kata product, yaitu produce, merupakan serapan dari bahasa latin prōdūce(re), yang berarti (untuk) memimpin atau membawa sesuatu untuk maju.
Dalam penggunaan yang lebih luas, produk dapat merujuk pada sebuah barang atau unit, sekelompok produk yang sama, sekelompok barang dan jasa, atau sebuah pengelompokan industri untuk barang dan jasa.

Analisi Produk
A.Label Produk
PT. Sepatu Bata Tbk merupakan perusahaan manufaktur sepatu yang berada dibawah naungan ( BSO) Bata Shoe Organization yang berpusat di toronto (Kanada). Produksinya antara lain adalah sepatu kulit, sendal, sepatu kasual, sepatu olah raga dan lain-lain. Lisensi yang dimilikik perusahaan ini antara lain North Star, Power, Bubblegummer, Marie-claire dan Weinbrenner.

B. Kualitas dan Analisa Produk
Selain karena desainnya kreatif, kualitas dan jenis bahan serta mutu jahitannya juga terpelihara. Lagi pula, sepatu merk BATA mempunyai harga yang terjangkau, antara Rp 50.000 hingga Rp 400.000. seperti ditirukan . Mengikuti selera masyarakat Indonesia layaknya yang cenderung mengikuti perkembangan , ia memilih sendiri bahan yang enak dan nyaman dipakai. Karena tiap produksinya dipersepsikan untuk dipakai sendiri,maka sebelum diluncurkan ke pasar BATA terlebih dahulu memakai sendiri. BATA agaknya sukses dengan prinsip itu. Ia pun mampu berkembang di tengah persaingan pasar sepatu pada masa resesi ekonomi di perang dunia I yang makin ramai.
C. Kesesuaian Harga
Harga Produk Sepatu dari perusahaan Bata sangat bersaing dengan desainnya kreatif, kualitas dan jenis bahan serta mutu jahitannya juga terpelihara. Lagi pula,sepatu dengan merk Bata terbilang terjangkau, antara Rp 50.000 hingga Rp 400.000. sehingga dari berbagai macam kalangan masyarakat dapat menjangkaunya baik dari kalangan kecil menengah bisa menikmati produk dari perusahaan ini.

D. Promosi
Promosi yang digunakan untuk memasarkan produk ini salah satunya dengan promosi lewat jalur media dengan target pasar sampai skala nasional baik yang memasangkan sebagian harga barang yang dijual beserta foto-foto contoh dari produk yang akan di pasarkan dengan kualitas expor, perusahaan ini juga menerima , promosi yang digunakan lagi adalah dengan menjadi sponsor di acara atau event event tertentu.


E. Distribusi
Untuk memenuhi toko dan pesanan, akhirnya Bata membangun sebuah pabrik di kawasan KALIBATA Jakarta selatan, dengan 5000 karyawan. Maka, selain membuka beberapa outlet gerai di beberapa provinsi di Tanah Air, sekitar 5.000 desain Bata niatnya kemudian akan merambah ke pasar Internasional.Disamping itu banyak competitor competitor laen yang produksi sepatunya sudah dapat menyaingi merk/brand internasional.
F. Prospek
Menurut saya sebagai peneliti atau penulis dengan objek permasalahan sepatu bata prospek perusahaan Bata ini memiliki prospek lebih besar lagi kalau perekonomian yang ada di indonesia lebih baik dari sekarang yang agak sulit untuk mengirim atau meng ekspor barang keluar negeri namun pasar dalam negeri lebih terbuka lebar untuk produk-produk dari perusahaan Bata karena sepatu produksi Bata digemari remaja ataupun anak anak sekolah karena harganya yang relative terjangkau apalagi sepatu Bata terkenal dengan sepatu diskon. Jadi berbagai kalangan adalah merupakan target pasar yang sangat potensial untuk produk sepatu merk/brand BATA. Asalkan perusahaan di bidang marketnya mau mendesain produknya dengan model yg lebih mengikuti perkembangan,sesuai jaman sekarang yang sedang di gemari layaknya orang orang pada saat ini.
Demikian penulisan saya tentang produk atau product,sebagian sumber di ambil dari : ref.google,Wikipedia dll.
Jika ada kesamaan beberapa tulisan adalah diluar atau bukan tanggung jawab penulis. !
Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar