Selasa, 24 November 2009

PRICE atau HARGA

PRICE atau HARGA

A. Definisi / Pengertian Harga (Price)
Harga merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam pemasaran suatu produk karena harga adalah satu dari empat bauran pemasaran / marketing mix (4P = product, price, place, promotion / produk, harga, distribusi, promosi). Harga adalah suatu nilai tukar dari produk barang maupun jasa yang dinyatakan dalam satuan moneter.
Harga merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu perusahaan karena harga menentukan seberapa besar keuntungan yang akan diperoleh perusahaan dari penjualan produknya baik berupa barang maupun jasa.
Menetapkan harga terlalu tinggi akan menyebabkan penjualan akan menurun, namun jika harga terlalu rendah akan mengurangi keuntungan yang dapat diperoleh organisasi perusahaan.


B. Tujuan Penetapan Harga
1. Mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya
Dengan menetapkan harga yang kompetitif maka perusahaan akan mendulang untung yang optimal.
2. Mempertahankan perusahaan
Dari marjin keuntungan yang didapat perusahaan akan digunakan untuk biaya operasional perusahaan. Contoh : untuk gaji/upah karyawan, untuk bayar tagihan listrik, tagihan air bawah tanah, pembelian bahan baku, biaya transportasi, dan lain sebagainya.
3. Menggapai ROI
Perusahaan pasti menginginkan balik modal dari investasi yang ditanam pada perusahaan sehingga penetapan harga yang tepat akan mempercepat tercapainya modal kembali / roi.
4. Menguasai Pangsa Pasar
Dengan menetapkan harga rendah dibandingkan produk pesaing, dapat mengalihkan perhatian konsumen dari produk kompetitor yang ada di pasaran.


C. Cara / Teknik / Metode Penetapan Harga Produk
1. Pendekatan Permintaan dan Penawaran (supply demand )
Dari tingkat permintaan dan penawaran yang ada ditentukan harga keseimbangan (equilibrium price) dengan cara mencari harga yang mampu dibayar konsumen dan harga yang diterima produsen sehingga terbentuk jumlah yang diminta sama dengan jumlah yang ditawarkan.
2. Pendekatan Biaya (cost oriented )
Menentukan harga dengan cara menghitung biaya yang dikeluarkan produsen dengan tingkat keuntungan yang diinginkan baik dengan markup pricing dan break even analysis.
3. Pendekatan Pasar (market )
Merumuskan harga untuk produk yang dipasarkan dengan cara menghitung variabel-variabel yang mempengaruhi pasar dan harga seperti situasi dan kondisi politik, persaingan, sosial budaya, dan lain-lain.





D. Contoh Kasus
Sepertinya layak nya mie instant , sebagian masyarakat menengah kebawah lebih memilih mie instant dengan harga yang relative murah ,akan tetapi mempunyai komposisi yang lebih banyak/lebih besar porsinya dibandingkan dengan mie instant yang harganya lebih mahal.
Dan sebaliknya masyarakat kalangan menengah ke atas lebih tertarik dengan mie instant yang rasanya lebih enak dengan mengesampingkan masalah harga,atau lebih detailnya mereka tidak terlalu memikirkan tentang harga.
Oleh karena itu sebagian produsen produsen mie instant mengimbangi dengan cara promosi, yang lebih mengutamakan media periklanan.
Di berbagai tampat terbukti bahwa mie instant yang mempunyai harga berimbang dengan kualitas produknya akan dipilih oleh konsumen.
Maka dari itu yang harusnya dilakukan oleh produsen ialah memberikan produk mie instant ke konsumen dengan harga yang relative terjangkau tanpa harus mengurangi tingkat pendapatan atau keuntungan.


E. Analisa
Dari keterangan atau definisi tentang harga dan kaitannya dengan produk itu sendiri,Bahwasanya setiap perusahaan harus mementingkan tingkat kualitas produknya tanpa mengesampingkan kualitas dari produknya.
Maka masyarakat luas akan mempertimbangkan atau memilih produk berkualitas dengan harga yang terjangkau di antara pilihan pilihan berbagai macam produk yang semakin banyak.
Pasar akan menanggapi dengan respon positif ketika ada perusahaan mengeluarkan produk yang nilai kualitasnya dapat menandingi produk yang elit.
Disini penulis hanya dapat menerangkan beberapa definisi tentang kaitannya harga dengan produknya itu sendiri.
Dan tanggapan konsumen tentang beberapa definisi produk.
Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar